Recount dan Letter and E-mail

1. Recount
Teks recount merupakan teks yang menceritakan kembali suatu peristiwa atau kegiatan yang telah terjadi pada masa lampau. Teks recount berupa cerita pengalaman atau peristiwa pada masa lalu.
Struktur teks recount:
1.      Orientation, berisi pendahuluan tentang pengalaman atau peristiwa yang terjadi, tokoh yang terlibat, tempat, serta waktu pengalaman atau peristiwa itu terjadi.
2.      Event, berisi jalinan pengalaman atau peristiwa yang ada dalam cerita tersebut.
3.      Re-orientation, berisi penutup cerita atau rangkuman.
Ciri bahasa recount=
1.      Menggunakan past tense.
2.      Menggunakan kata hubung then, before, after.
Jenis-jenis teks recount=
1.      Personal recount: jenis teks yang melibatkan langsung penulis cerita sebagai salah satu tokoh dalam cerita yang ditulis. Contoh: diary entries, interview, dan conversation.
2.      Factual recount: jenis teks recount yang menceritakan tentang sebuah kejadian yang terjadi. Contoh: scientific experiment report, police report, dan newspaper report.
3.      Imaginative recount: jenis teks recount yang menceritakan tentang kejadian, cerita yang tidak nyata atau tidak sebenarnya terjadi. Contoh: teks dalam materi pembelajaran bahasa, misalnya teks prosa atau puisi.
2. Letter and E-mail
Letter (surat) adalah sarana komunikasi tertulis yang ditulis suatu pihak kepada pihak lain yang biasanya dikirim lewat pos.
Surat terdiri atas beberapa bagian=
1.      Alamat pengirim surat (the sender's address).
2.      Tanggal penulisan surat (the date of writing the letter).
3.      Alamat penerima surat (the receivers address).
4.      Salam pembuka (salutation/greeting).
5.      Isi surat (the body of the letter).
6.      Penutup (closing), berisi salam penutup, tanda tangan dan nama pengirim surat.
Bagian-bagian e-mail=
1.      Header berisi informasi tentang pengirim dan penerima e-mail, waktu pengiriman, dan subjek surat. Pada bagian ini biasanya ada singkatan cc (carbon copy) yang diisi alamat e-mail orang lain yang berhak menerima salinan surat tersebut.
2.      Message body menjelaskan isi surat.
Signature menunjukkan identitas pengirim surat.
Ada 2 penyedia layanan e-mail di internet, yaitu @gmail.com dan @yahoo.com.
Berdasarkan kepentingan dan pengirimnya, surat dapat dibagi menjadi 3 yaitu:
1.      Surat pribadi (personal letter).
Surat yang dikirimkan seseorang kepada orang lain atau suatu organisasi atau instansi. Isi yang dimuat menyangkut masalah atau kepentingan pribadi. Surat pribadi biasanya bersifat informal. Contohnya= surat undangan makan malam untuk rekan bisnis.
2.      Surat sosial (social letter).
Surat yang ditulis untuk kerabat atau trman dekat. Menggunakan bahasa yang santai dan cenderung informal. Aturan struktur tata bahasa, tanda baca, dan pengejaan masih tetap diperhatikan. Contoh= surat ucapan selamat ulang tahun dan surat ungkapan turut berbela sungkawa.
3.      Surat bisnis (business letter).
Contoh= surat bisnis untuk permintaan maaf atau surat yang ditujukan untuk mempererat hubungan dengan klien dan surat perpisahan klien.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Teknik Menyelesaikan Busana

Macam-macam Tarian Mancanegara di Asia

Rias Wajah Karakter